Rabu, 11 Mei 2016

Jurnalistik Online - Era Baru Komunikasi Media Massa



Jurnalisme Online merupakan new media, yang menggunakan internet sebagai media, agar informasi dalam berita bisa dengan mudah tersebar secara global di seluruh dunia. merupakan generasi baru dari jurnalistik konvensional dan jurnalistik penyiaran. Ketika jaman kian modern dan teknologi yang ada pun semakin canggih. 
Perkembangan teknologi yang menyentuh hampir setiap bidang kehidupan, tak ayal membuat masyarakat semakin dimudahkan dengan kepraktisan yang ada. Untuk mengakses berita pun, masyarakat tinggal membuka gawai mereka dan membuka situs-situs berita yang terbit tidak lagi harian maupun mingguan, tapi hampir tiap detik

Tentunya banyak perubahan seiring hadirnya Jurnalisme Online ini. Misalnya, target bisnis orang-orang yang berada di balik new media ini tidak lagi oplah, melainkan website traffic. Seberapa sering situs berita tersebut diakses, bukan lagi seberapa banyak surat kabar atau majalah terjual. Untuk itu, jurnalis online ini tidak hanya membuat tulisan untuk manusia tapi juga harus 'ramah' mesin pencari. Sehingga makin banyak pengunjung yang membaca.

Dari segi konten juga ada perubahan, tak lagi hanya tulisan dan gambar seperti pada media massa konvensional, namun juga ditambahkan video dan audio. Jurnalisnya pun dituntut harus serba bisa, tak hanya menulis dan memotret, tapi dituntut untuk mampu mengedit foto dan video, serta melaporkan secara online dan mengerti dasar-dasar HTML.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons